);

Pembahasan soal UN bahasa Inggris SMP / MTs 2019 nomor 9 – 15.

Postingan ini menyajikan pembahasan soal UN Bahasa Inggris SMP / MTs tahun 2019 nomor 9 – 15. Postingan ini lanjutan dari pembahasan soal UN bahasa Inggris SMP MTs 2019 nomor 1 – 8. Soal UN nomor 9 – 15 ini terdiri dari 2 jenis teks yaitu recount text dan announcement text.

Soal UN Bahasa Inggris SMP MTS nomor 9 - 13
Soal untuk nomor 9 – 13

Terjemahan teks diatas sebagai berikut.

Pertanyaan 9 – 13 merujuk pada teks berikut.
Komodor Yosaphat “Yos” Sudarso (24 November 1925 – 15 Januari 1962) adalah seorang perwira angkatan laut Indonesia yang terbunuh di Pertempuran Laut Arafura. Pada saat kematiannya, Yos Sudarso adalah wakil kepala staf Angkatan Laut Indonesia dan bertanggung jawab atas tindakan untuk menyusup ke Nugini Belanda.

Pertempuran di dekat Vlakke Hoek (Teluk Etna) di laut Arafura menghentikan upaya Angkatan Laut Indonesia untuk mengantarkan 150 tentara di Kaimana di Papua Nugini untuk membangkitkan penduduk lokal melawan Belanda. Sudarso bertanggung jawab atas operasi di laut tersebut. Tiga perahu torpedo meninggalkan kepulauan Aru di tengah malam tetapi dihentikan oleh pesawat Belanda, karena kapal perang Macan Tutul Belanda mengantisipasi tindakan selama berminggu-minggu. Kapal Evertsen Belanda kemudian bergabung dan menenggelamkan KRI Macan Tutul, yang dikomandai oleh Sudarso. Dua kapal lainnya, Macan Tutul dan Harimau – melarikan diri, tetapi satu menabrak karang dan yang lain tertembak. Evertsen mampu menyelamatkan sebagian besar penghuni Macan Tutul, meskipun setidaknya tiga pelaut tewas, diantara Macan Tutul dan Harimau yang menjadi komodor Sudarso. Sebelum kematiannya, dia kobarkan semangat pertempuran.

Tindakan itu sendiri gagal tetapi membuka cara untuk membebaskan Papua Nugini. Pertempuran itu sekarang diperingati sebagai Hari Pengorbanan Laut di Indonesia, hari peringatan tahunan nasional. Dua belas tahun setelah kematiannya, Yos Sudarso secara resmi dianugrahi gelar pahlawan nasional.


9. What is the topic of the text?
A. The fail attempt of an Indonesian sea operation
B. Yos Sudarso’s life and his services to Indonesia
C. The history of the Sea Sacrifice Day
D. Yos Sudarso lifetime achievements

Pembahasan

Berdasarkan terjemahan teks diatas, topik yang tepat adalah Kehidupan Yos Sudarso dan jasanya bagi Indonesia atau “Yos Sudarso’s life and his services to Indonesianya B.


10. What was the goal of the operation led by Yos Sudarso?.
A. To transfer soldiers to Kaimana
B. To boost the soldiers fighting spirit
C. To shoot down the Dutch Evertsen ship
D. To open new ways to free the Ducth New Guinea

Pembahasan

Apa tujuan operasi yang dipimpin oleh Yos Sudarso?. Jawaban pertanyaan ini ada di paragraf 2 yaitu transfer 150 tentara atau “To transfer soldiers to Kaimana”. Soal ini jawabannya A.


11. What did Evertsen crew members do after they sank KRI Macan Tutul?
A. They let all the sailors in KRI Macan Tutul drown
B. They sent torpedoes to disable the other two ships
C. They tried to save passengers of KRI Macan Tutul
D. They opened new ways to free the Ducth New Guinea

Pembahasan

Apa yang dilakukan anggota kru Evertsen setelah mereka menenggelamkan KRI Macan Tutul?. Jawaban soal ini ada diparagraf 2 yaitu menyelematkan sebagian besar penghuni KRI Macan tutul atau “They tried to save passengers of KRI Macan Tutul”. Soal ini jawabannya C.


12. “KRI Macan Tutul and Harimau escaped, …” (paragraph 2). The underlined words are closed to the meaning to …
A. fired
B. closed
C. ran away
D. attacked

Pembahasan

Escaped = ran away = melarikan diri. Jadi soal ini jawabannya C.


13. Having anticipated for Indonesian’s sea operation for weeks, the Ducth held … Indonesian torpedo boats near Etna Bay.
A. back
B. off
C. on
D. up

Pembahasan

Setelah mengantisipasi operasi laut Indonesia selama berminggu-minggu, Belanda menahan kapal torpedo Indonesia di dekat teluk Etna.
held on = menahan
held off = menjauhkan diri
held up = menghambat

Soal ini jawabannya C.


Soal UN bahasa Inggris SMP MTs 2019 nomor 14 dan 15
Soal Untuk nomor 14 dan 15

Terjemahan isi announcement text diatas sebagai berikut.

Semua siswa yang akan melakukan kunjungan lapangan besok pagi, silakan tinggalkan barang-barangmu di loker masing-masing dan berkumpul di lobi pada jam 9 pagi. Yang kamu butuhkan hanyalah sebotol air dan uang tambahan. Semua siswa bertanggung jawab untuk mengarang pekerjaan sekolah yang akan dilewatkan pada hari itu.


14. The announcement is written with the purpose to …
A. inform the students what to do for the field trip
B. tell the student to be prepared at the lobby
C. describe the students’ responsibility on the field trip
D. inform the students the rules for the field trip

Pembahasan

Pengumuman diatas bertujuan sebagai informasi kepada siswa tentang apa yang harus dilakukan untuk kunjungan lapangan atau “inform the students what to do for the field trip”. Soal ini jawabannya A.


15. Students have an obligation to …
A. report to their teachers their school work
B. do their assignments as soon as they arrive at school
C. put all their things in the locker before leaving for the trip
D. take back their things from their locker when getting back to school

Pembahasan

Siswa memiliki kewajiban untuk…Jawabanya yang tepat adalah menaruh barang-barang di loker atau “put all their things in the locker before leaving for the trip”. Soal ini jawabannya C.

You cannot copy content of this page