);

Jenis kebutuhan : primer, sekunder, tersier & contohnya

Pada dasarnya setiap manusia mempunyai kebutuhan. Kebutuhan ini tidak terbatas dan beragam jumlahnya, sehingga tidak mungkin manusia dapat memenuhi semua kebutuhannya. Begitu satu kebutuhan terpenuhi, akan muncul kebutuhan yang lain. Apabila kebutuhan sekolah kalian seperti kebutuhan seragam, sepatu, tas, uang sekolah, les privat, telah terpenuhi maka kebutuhan yang lain akan muncul. Misalnya bermain musik, rekreasi, nonton film dan lain-lain.

Upaya untuk memenuhi kebutuhan pada dasarnya tidak pernah berakhir, karena manusia perlu bertindak rasional artinya berbuat sesuatu untuk mencegah pemborosan dan mencegah ketidakefisienan. Kebutuhan untuk memenuhi keperluan manusia agar mampu bertahan hidup disebut kebutuhan ekonomi.

Mengapa kebutuhan itu selalu muncul ?. Kebutuhan itu akan selalu ada selama manusia hidup. Selain itu, hal ini dikarenakan sifat manusia yang merasa tidak pernah puas, sehingga kebutuhannya tidak terbatas. Kebutuhan tersebut akan terus bertambah, baik macam, jumlah dan mutunya.

Kebutuhan menurut intensitas kegunaannya

1. Kebutuhan primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia secara wajar. Menurut ILO (International Labour Organization) bahwa kebutuhan primer adalah kebutuhan fisik minim masyarakat, berkaitan dengan kecukupan kebutuhan pokok masyarakat. Kebutuhan pokok ini meliputi kecukupan pangan dan gizi, sandang, perumahan, pendidikan, pelayanan kesehatan dan sarana-sarana pendukung lain seperti transportasi, persediaan air minum, rasa aman dan sebagainya.

Contoh kebutuhan primer

Yang termasuk kebutuhan primer antara lain makanan (termasuk minuman), rumah, pakaian, pendidikan dan kesehatan.

2. Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang sifatnya melengkapi kebutuhan primer dan kebutuhan ini baru terpenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini bukan berarti tidak penting, karena sebagai manusia yang berbudaya, yang hidup bermasyarakat sangat memerlukan berbagai hal lain yang lebih luas dan sempurna, baik mengenai mutu, jumlah dan jenisnya.

Contoh kebutuhan sekunder

Orang yang telah memiliki rumah secara otomatis akan membutuhkan perabot untuk mengisi atau melengkapi rumahnya, jadi perabot rumah tangga bisa dikatakan sebagai kebutuhan sekunder. Jadi contoh kebutuhan sekunder antara lain televisi, kulkas, sepeda motor dan kebutuhan-kebutuhan lain yang mendukung kebutuhan primer.

3. Kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pada umumnya, kebutuhan tersier ini disebut kebutuhan mewah, karena pemenuhan kebutuhannya tertuju pada barang-barang mewah yang hanya dilakukan oleh orang-orang berpenghasilan tinggi.

Contoh kebutuhan tersier

Contoh kebutuhan tersier yaitu mobil mewah, berlian, berwisata ke Hawai dan lainnya.

Kebutuhan menurut waktu pemenuhannya

  • Kebutuhan sekarang

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga dan tidak dapat ditunda-tunda lagi agar manusia tidak mendapat kesulitan. Misalnya obat untuk orang sakit, air minum untuk orang yang sedang dahaga, pakaian untuk sekolah dan sebagainya. Contoh lain adalah keadaan negara yang aman dan stabil merupakan kebutuhan sekarang, agar rakyat Indonesia dapat membangun negeri ini.

  • Kebutuhan akan datang

Kebutuhan akan datang adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi pada hari esok. Bila kebutuhan ini tidak terpenuhi, tidak akan berakibat fatal bagi kelangsungan hidup seseorang. Contohnya tabungan. Seseorang yang menabung berarti ia memenuhi kebutuhan yang akan datang.

  • Kebutuhan yang tidak terduga

Kebutuhan ini muncul jika sesuatu terjadi secara tidak terduga, yang sifatnya insidentil. Contohnya adalah orang yang tiba-tiba sakit akan membutuhkan obat atau periksa ke dokter.

  • Kebutuhan sepanjang waktu

Kebutuhan ini terjadi sepanjang waktu dan tidak ada batasannya. Contohnya belajar menuntut ilmu.

Kebutuhan menurut sifatnya

  • Kebutuhan jasmani

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang secara alami dirasakan oleh fisik atau jasmani manusia. Kebutuhan ini meliputi seluruh kebutuhan yang sifatnya kebendaan misalnya kebutuhan akan makan, pakaian, olahraga, rumah dan lain-lain.

  • Kebutuhan rohani

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang sifatnya memperoleh kepuasan rohani. Kebutuhan ini tidak tampak secara nyata. Hanya orang yang bersangkutan yang merasakan secara langsung. Jika kebutuhan ini terpenuhi manusia merasa secara batiniah terpuaskan kebutuhannya dan ia akan merasa bangga, bahagia, senang ataupun perasaan gembira. Contohnya mendapatkan kasih sayang, hiburan, rekreasi, menjalankan ibadah dan lain-lain.

Kebutuhan menurut subjek yang membutuhkan

  • Kebutuhan individu

Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang berguna untuk pemenuhan pribadi (perorangan). Contohnya sebagai seorang pelajar kebutuhan pribadi kalian meliputi seragam, sepatu, buku, pensil dan lain-lain.

  • Kebutuhan sosial

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang jika dipenuhi bermanfaat untuk kepentingan orang banyak (kolektif). Kebutuhan ini berkaitan dengan kebersamaan, kesejahteraan, ketertiban, kenyamanan, kemakmuran dan sebagainya. Contohnya : jalan raya, telepon umum, tempat ibadah, rumah sakit dan lain-lain.

Sumber:

Indriayu, Mintarsih. Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 2009, Jakarta.

You cannot copy content of this page