);

Contoh soal UN sosialisasi dan pembentukan kepribadian

Postingan ini membahas contoh soal UN sosialisasi dan pembentukan kepribadian yang disertai jawabannya. Sosialisasi adalah proses belajar yang kompleks. Dengan sosialisasi, manusia sebagai makhluk biologis menjadi manusia yang berbudaya, yang cakap menjalankan fungsinya dengan tepat sebagai individu dan sebagai anggota kelompok.

Contoh soal 1 – UN 2019

Sosialisasi merupakan proses belajar mengajar mengenai pola-pola tindakan interaksi dalam masyarakat. Sedangkan menurut Robert MZ Lawang, sosialisasi adalah proses mempelajari norma, nilai, peran dan semua persyaratan lain yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.

Contoh gejala sosial yang sesuai dengan konsep sosialisasi tersebut adalah…
A. individu dapat menyesuaikan diri dengan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat
B. pelajar dengan penuh kesadaran melaksanakan semua tugas yang diberikan guru kepadanya dengan baik
C. individu yang telah berumur 17 tahun wajib dan berhak ikut serta dalam pemilu
D. setiap individu menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianut
E. remaja mempelajari sikap sopan santun dalam pergaulan dilingkungan sosialnya yang baru

Jawaban

Gejala sosial yang sesuai dengan konsep sosialisasi diatas adalah individu dapat menyesuaikan diri dengan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat. Soal ini jawabannya A.


Contoh soal 2 – UN 2018

Dani memiliki karakter yang disiplin, sopan santun serta penuh tanggung jawab. Jika dia melanggar peraturan bersedia menerima hukuman. Hal tersebut telah diajarkan oleh orang tuanya yang selalu mengajak anaknya berkomunikasi. Bagi orang tua Dani kebutuhan anak merupakan hal penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Dari ilustrasi tersebut, terdapat salah satu pola sosialisasi partisipasi yaitu…
A. memberikan aturan yang tegas kepada anak
B. menghukum perilaku anak apabila melanggar
C. memberikan kebebasan berpendapat kepada anak
D. memberikan segala kebutuhan anak yang diinginkan
E. melakukan komunikasi dua arah antara anak dan orang tua

Jawaban

Salah satu ciri pola sosialisasi partisipasi adalah komunikasi verbal atau komunikasi dua arah. Jadi jawaban yang tepat soal ini adalah E.


Contoh soal 3 – UN 2017

Anak-anak yang lahir dan besar di lingkungan suku bangsa Jawa dikenalkan dan dibiasakan berpikir, bersikap dan berperilaku sesuai adat dan budaya Jawa. Tujuan sosialisasi sesuai contoh tersebut adalah…
A. mendidik agar anak berpribadi sesuai kemajuan zaman
B. memberi toleransi pada penyimpangan agar tradisi berubah
C. membentuk pribadi ideal sesuai nilai dan norma masyarakat
D. mempertahankan tradisi masyarakat Jawa yang dikemas secara modern
E. memperkenalkan budaya kepada masyarakat lain melalui perilaku baik

Jawaban

Salah satu tujuan sosialisasi adalah agar setiap individu dapat hidup dengan baik ditengah-tengah masyarakatnya. Seseorang dapat hidup baik di tengah masyarakatnya apabila menghayati nilai dan norma dalam kehidupan. Jadi soal ini jawabannya C.


Contoh soal 4 – UN 2015

Seorang anak petani berhasil menempuh pendidikan hingga SMA dan telah mampu mengakses internet. Teman sebayanya banyak yang mengikuti jejaknya, sehingga lambat laun mengubah pandangan masyarakat tentang manfaat berpendidikan tinggi. Dari contoh tersebut yang merupakan agen sosialisasi adalah…
A. keluarga dan sekolah
B. sekolah dan teman bermain
C. teman bermain dan media massa
D. media massa dan lembaga sekolah
E. lingkungan budaya sekolah dan keluarga

Jawaban

Media sosialisasi diantaranya: keluarga, teman sebaya / teman bermain, sekolah, lingkungan kerja, organisasi dan media masa. Agen atau media sosialisasi contoh diatas adalah sekolah dan teman bermain. Jadi soal ini jawabanya B.


Contoh soal 5 – UN 2015

Setelah bekerja selama tiga tahun Denia telah dapat menjalankan tugasnya sebagai pegawai yang baik di salah satu bank swasta. Ia sangat menghormati atasannya serta ramah terhadap rekan kerja dan para nasabah. Tahap sosialisasi yang terjadi pada contoh tersebut berada pada…
A. play stage
B. game stage
C. prepatory stage
D. significant other
E. generalized other

Jawaban

Tahapan sosialisasi adalah prepatori stage – play stage – game stage – generalized stage. Tahap generalized adalah tahap seseorang telah dianggap dewasa sehingga ia dapat menempatkan dirinya pada posisi masyarakat secara luas. Jadi soal ini jawabannya E.


Contoh soal 6 – UN 2014

Seorang individu dilahirkan dan berkembang ke masa anak-anak, maka pada saat itu dia mulai beradaptasi dan mulai bersosialisasi dengan lingkungan terdekatnya. Pada tahap ini anak mulai mengenal keluarganya. Hal ini bentuk sosialisasi…
A. sekunder
B. primer
C. langsung
D. lingkungan
E. lanjutan

Jawaban

Ada dua macam sosialisasi yaitu primer dan sekunder. Sosialisasi primer adalah sosialisasi yang pertama kali dijalani individu semasa kecil sedangkan sosialisasi berlangsung pada tahap selanjutnya. Jadi soal ini jawabannya B.


Contoh soal 7 – UN 2014

Sejalan dengan kemajuan ilmu dan teknologi, kegiatan proses belajar mengajar disekolah sudah menggunakan multi media, salah satunya adalah internet. Dengan internet bahan ajar berupa gambar, ilustrasi, artikel, maupun kasus tertentu akan dengan mudah didapat. Hal tersebut membuat para siswa bisa berpikir dan bertindak cepat, dengan pengetahuan umum yang luas. Agen sosialisasi yang berperan dalam pembentukan kepribadian tersebut adalah…
A. teman sebaya
B. sekolah
C. keluarga
D. media masa
E. lingkungan

Jawaban

Media masa merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang. Macam media masa yaitu media cetak contohnya buku, majalah, koran, dan media elektronik misalnya radio, televisi, internet. Jadi jawaban yang tepat soal ini adalah D.


Contoh soal 8 – UN 2019

Seorang siswa kelas X SMA mendapat nilai tes IQ tertinggi disekolahnya. Setelah ditelusuri oleh guru BP/BK, kepandaian yang dimiliki siswa tersebut ternyata didapatkan dari kedua orang tuanya yang sama-sama memiliki IQ tinggi.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, faktor pembentuk kepribadian individu adalah…
A. kebudayaan
B. Lingkungan fisik
C. warisan biologis
D. pengalaman unik
E. pengalaman kelompok

Jawaban

Salah satu faktor pembentuk kepribadian adalah faktor biologis atau warisan biologis misalnya intelegensi, temperamen, watak, cara berbicara, tinggi badan, warna kulit dan jenis rambut. Jadi soal ini jawabannya C.


Contoh soal 9 – UN 2017

Contoh tahap perkembangan diri:

  1. Budi menjadi ketua senat mahasiswa Fakultas Hukum
  2. Dalam usia relatif muda, Susi menjadi anggota DPRD tingkat 1
  3. Jessy mengikuti perilaku kakaknya mencoret-coret tembok rumahnya
  4. Dewi melanjutkan bisnis orang tuanya dibidang usaha transportasi taksi
  5. Adinda menyanyikan lagu kesukaannya dikamar tidurnya dengan suara gembira

Yang termasuk tahap generalized others adalah…
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 3 dan 5
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5

Jawaban

Tahap generalized others adalah tahap memasuki jenjang orang dewasa. Yang termasuk tahap generalized others terdapat pada angka 1, 2 dan 4 atau B.


Contoh soal 10 – UN 2016

Sepulang sekolah, Arman bekerja menjual koran dipersimpangan lampu merah. Tindakan yang dilakukan Arman untuk membantu ibunya mencari nafkah setelah ayahnya meninggal dunia. Di lihat dari tahap perkembangan diri, proses sosialisasi yang sudah dialami Arman termasuk tahap generalized others yaitu…
A. menempatkan diri pada posisi orang lain dalam masyarakat
B. mampu melakukan apa yang dilakukan orang lain
C. menyesuaikan diri dengan nilai dan norma yang berlaku
D. memiliki hubungan interaksi hanya dengan lingkungan terdekat
E. mempersiapkan diri dalam mengenal dunia sosialnya melalui interaksi

Jawaban

Tahap generalized others adalah tahap anak telah memasuki jenjang orang dewasa. Selain dapat menempatkan diri sebagai orang lain, juga dapat menempatkan diri sebagai anggota masyarakat luas. Jadi soal ini jawabannya A.


Contoh soal 11 – UN 2015

Terdapat orang tua yang dulunya sebagai pemain basket dengan postur tubuh yang tinggi. Anaknyapun sekarang menjadi pemain basket terkenal, setelah melalui latihan rutin dan bersungguh-sungguh. Faktor yang mempengaruhi kepribadian anak adalah…
A. lingkungan fisik
B. lingkungan budaya
C. lingkungan sekolah
D. teman bermain
E. warisan biologis

Jawaban

Postur tubuh yang tinggi atau tinggi badan termasuk warisan biologis. Jadi soal ini jawabannya E.

You cannot copy content of this page