);

Contoh soal UN konsep & prinsip geografi dan jawabannya

Postingan ini membahas Contoh Soal UN tentang konsep geografi dan prinsip geografi yang disertai jawabannya. Banyak para ahli yang memberikan konsep-konsep geografi, sehingga perlu dibentuk konsep dasar bagi perkembangan geografi di Indonesia. Untuk itu diselenggarakan Seminar dan Lokakarya Ahli Geografi tahun 1998 yang menghasilkan kesepakatan berupa 10 konsep esensial geografi yaitu sebagai berikut:

  1. Konsep lokasi – suatu tempat dipermukaan bumi memiliki nilai ekonomi apabila dihubungkan dengan hargga, misalnya didaerah dingin orang cenderung berpakaian tebal.
  2. Konsep jarak – jarak dihubungkan dengan keuntungan yang diperoleh sehingga manusia cenderung akan memperhitungkan jarak, misalnya harga tanah akan semakin tinggi apabila mendekati pusat kota dibanding dengan harga tanah di pedesaan.
  3. Konsep keterjangkauan – hubungan atau interaksi antartempat dapat dicapai, baik dengan menggunakan sarana transportasi umum, tradisional atau jalan kaki, misalnya daerah A penghasil beras dan daerah B penghasil sandang, kedua daerah ini tidak akan berinteraksi apabila tidak ada transportasi.
  4. Kosep pola – bentuk interaksi manusia dengan lingkungan atau interaksi alam dengan alam, hubungannya dengan pola persebaran sebagai berikut: pola aliran sungai terkait dengan jenis batuan dan struktur geologi. pola pemukiman terkait dengan sungai, jalan, bentuk lahan dan sebagainya.
  5. Konsep morfologi – bentuk permukaan bumi sebagai proses alam dan hubungannya dengan aktivitas manusia, misalnya bentuk lahan akan terkait dengan erosi dan pengendapan, penggunaan lahan, ketebalan lapisan tanah, ketersediaan air dan lainnya.
  6. Konsep aglomerasi – pengelompokkan penduduk dan aktivitasnya disuatu daerah, misalnya masyarakat atau penduduk cenderung mengelompok pada tingkat sejenis sehingga timbul daerah elit, daerah kumuh, daerah perumnas dan lainnya.
  7. Konsep nilai kegunaan – manfaat suatu wilayah mempunyai nilai tersendiri bagi orang yang menggunakannya, misalnya daerah sejuk dipegunungan yang jauh dari kebisingan seperti dipuncak antara Bogor dengan Cianjur banyak dijadikan tempat peristirahatan dan rekreasi.
  8. Konsep interaksi dan interdependensi – setiap wilayah tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, tetapi memerlukan hubungan dengan wilayah lain sehingga memunculkan adanya hubungan timbal balik dalam bentuk arus barang dan jasa, komunikasi, persebaran ide dan lainnya. Misalnya gerakan orang, barang dan gagasan dari suatu tempat ke tempat lainnya.
  9. Konsep diferensiasi area – suatu wilayah kaitannya dengan wilayah lainnya. Wilayah dipermukaan bumi memiliki perbedaan nilai yang terdapat didalamnya. Misalnya pertanian sayuran dihasilkan didaerah pegunungan, perikanan laut atau tambak dipantai, dan padi didaerah yang relatif datar.
  10. Konsep keterkaitan keruangan – suatu daerah dapat berkembang karena adanya hubungan dengan wilayah lain, atau adanya saling keterkaitan antarwilayah dalam memenuhi kebutuhan dan sosial penduduknya. Misalnya, jika dikaji melalui peta, maka terdapat konservasi sosial (keterkaitan wilayah) antara wilayah A, B, C dan D.

Prinsip-prinsip geografi sebagai berikut:

  1. Prinsip persebaran, artinya bahwa gejala, kenampakan dan masalah yang terdapat diruang muka bumi persebarannya sangat bervariasi. Ada yang tersebar merata, bergerombol di wilayah tertentu dan tidak merata sama sekali.
  2. Prinsip interrelasi, artinya bahwa antar komponen atau aspek-aspek lingkungan geografi senantiasa ada hubungan timbal balik atau saling keterkaitan satu sama lain.
  3. Prinsip desktripsi, merupakan cara pemaparan hasil pengkajian studi geografi terhadap gejala, fenomena atau masalah yang ada. Deskripsi hasil pengkajian dapat berupa uraian, peta, chart, tabel, grafik, citra maupun media lainnya.
  4. Prinsip korologi, suatu gejala, fakta ataupun masalah geografi disuatu tempat yang ditinjau sebarannya, interelasinya dan integrasinya dalam ruang tertentu, sebab ruang itu akan memberikan karakteristik kepada kesatuan gejala tersebut.

Contoh soal 1 – UN 2019

Pembangunan pedesaan didataran rendah umumnya didukung oleh sarana transportasi yang banyak sehingga lebih cepat berkembang dibanding pembangunan pedesaan didaerah pegunungan yang memiliki keterbatasan sarana transportasi.

Konsep geografi yang erat kaitannya dengan fenomena tersebut adalah…
A. konsep aglomerasi
B. konsep interelasi
C. konsep nilai kegunaan
D. konsep keterjangkauan
E. konsep pola

Jawaban

Konsep geografi yang erat kaitan dengan fenomena soal ini adalah konsep keterjangkauan karena berkaitan dengan interaksi antartempat yang dapat dicapai dengan menggunakan sarana transportasi. Soal ini jawabannya D.


Contoh soal 2 – UN 2019

Badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) merilis hasil penyelidikan kawasan longsor tahun 2014 di Banjarnegara, Jawa Tengah. Faktor dominan penyebab longsor adalah banyak tanaman semusim (palawija) dan tanaman tahunan yang ditanam tidak rapat.

Prinsip geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah…
A. prinsip distribusi
B. prinsip interelasi
C. prinsip deskripsi
D. prinsip korologi
E. prinsip lokasi

Jawaban

Soal ini jawabannya B karena fenomena tersebut menunjukkan adanya keterkaitan antara kawasan longsor dengan tanaman palawija.


Contoh soal 3 – UN 2018

Mayoritas penduduk didaerah pantai utara jawa bermata pencaharian sebagai nelayan sedangkan didaerah pegunungan penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah…
A. konsep pola
B. konsep jarak
C. konsep morfologi
D. konsep aglomerasi
E. konsep diferensiasi area

Jawaban

Konsep geografi yang digunakan pada fenomena ini adalah diferensiasi area karena pantai dan pegunungan mempunyai perbedaan nilai didalamnya. Tanah dipegunungan dapat menghasilkan jenis-jenis sayuran sedangkan laut menghasilkan ikan. Soal ini jawabannya E.


Contoh soal 4 – UN 2018

Kandungan minyak bumi dan gas diwilayah Indonesia tidak merata dan lebih banyak terkonsentrasi diwilayah Indonesia bagian barat, sedangkan wilayah Indonesia bagian timur lebih banyak mengandung mineral.

Prinsip geografi yang sesuai dengan fenomena tersebut adalah…
A. prinsip korologi
B. prinsip deskripsi
C. prinsip interelasi
D. prinsip distribusi
E. prinsip asosiasi

Jawaban

Prinsip geografi pada fenomena tersebut adalah prinsip persebaran atau distribusi karena adanya ketidak merataan kandungan minyak bumi dan gas di wilayah Indonesia. Soal ini jawabannya D.


Contoh soal 5 – UN 2017

Penduduk Jakarta banyak membutuhkan mesin pendingin ruangan, sehingga produsen mesin tersebut banyak menjual produknya di Jakarta.

Konsep geografi yang sesuai dengan fenomena tersebut adalah…
A. konsep lokasi
B. konsep aglomerasi
C. konsep interaksi interdependensi
D. konsep diferensiasi area
E. konsep keterkaitan keruangan

Jawaban

Pada fenomena ini terjadi pergerakan orang atau barang sehingga konsep geografi yang disesuai adalah konsep interaksi interdependensi. Soal ini jawabannya C.


Contoh soal 6 – UN 2017

Di Indonesia terjadi perpindahan penduduk musiman pada waktu mudik lebaran dari kota ke desa, ketika kembali ke kota mereka membawa saudaranya untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini mengakibatkan terjadi kepadatan penduduk di kota.

Prinsip geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah…
A. prinsip persebaran
B. prinsip interelasi
C. prinsip deskripsi
D. prinsip korologi
E. prinsip aglomerasi

Jawaban

Soal ini jawabannya B


Contoh soal 7 – UN 2016

Perjalanan dari Bogor ke Cianjur Jawa Barat akan menjumpai jalan naik turun atau bergelombang.

Konsep geografi yang digunakan untuk memahami fenomena tersebut adalah…
A. konsep aglomerasi
B. konsep morfologi
C. konsep pola
D. konsep nilai kegunaan
E. konsep diferensiasi area

Jawaban

Soal ini jawabannya C karena berkaitan dengan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan atau interaksi alam dengan alam.


Contoh soal 8 – UN 2016

Mata pencaharian penduduk didaerah pesisir timur Sumatera sebagai nelayan. Prinsip geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah…
A. prinsip deskripsi
B. prinsip interelasi
C. prinsip distribusi
D. prinsip kronologi
E. prinsip persebaran

Jawaban

Soal ini jawabannya B karena adanya keterkaitan antara daerah pesisir dengan nelayan. Wilayah pesisir adalah wilayah peralihan antara ekosistem darat dan laut yang saling berinteraksi.

You cannot copy content of this page