);

Contoh soal UN interaksi sosial dan jawabannya

Postingan ini membahas contoh soal UN tentang interaksi sosial dan jawabannya. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis, bersifat timbal balik antarindividu, antarkelompok dan antara individu dengan kelompok. Apabila dua orang bertemu dan terjadi keadaan saling mempengaruhi diantara mereka, maka telah terjadi interaksi sosial. Keadaan saling mempengaruhi dapat berupa persahabatan, permusuhan, percakapan, isyarat bahkan sekedar bau keringat.

Contoh soal 1 – UN 2019

Seorang siswa merasa tidak bisa bernyanyi dengan bagus, sehingga dia kurang percaya diri pada saat praktik pelajaran seni musik. Keseriusan berlatih secara rutin dengan mendorong dirinya sambil membayangkan seperti penyanyi idola yang sedang konser diatas panggung sehingga akhirnya dia mendapatkan nilai bagus dari gurunya.

Berdasarkan ilustrasi tersebut interaksi sosial didorong oleh faktor…
A. imitasi
B. sugesti
C. simpati
D. motivasi
E. identifikasi

Jawaban

Imitasi adalah tindakan meniru sikap, penampilan, pembicaraan maupun gaya hidup orang lain. Pada ilustrasi diatas siswa tersebut meniru seorang penyanyi idola yang sedang konser diatas panggung. Jadi soal ini jawabannya A.


Contoh soal 2 – UN 2018

Ketika Pak Lurah melakukan inspeksi ke pasar maka hanya beberapa orang yang menemui dan bercakap-cakap. Namun ketika presiden mengunjungi pasar yang sama maka sebagian besar pedagang dan pengunjung ramai-ramai menemui untuk bercakap bahkan meminta berfoto bersama. Ilustrasi di atas menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi interaksi sosial adalah…
A. tingkat pendidikan
B. kelompok sosial
C. jenis kelamin
D. status sosial
E. penampilan diri

Jawaban

Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial ilustrasi diatas yaitu status sosial (Pak Lurah dan Presiden). Jadi soal ini jawabannya D.


Contoh soal 3 – UN 2018

Perhatikan gambar dibawah.

Contoh interaksi sosial

Penggunaan alat komunikasi seperti gambar diatas berdampak pada hubungan sosial dalam masyarakat yaitu….
A. munculnya kelompok primer dan kelompok sekunder
B. hubungan sosial primer lebih efektif daripada sekunder
C. tidak terpenuhinya kebutuhan batin dalam interaksi sosial
D. mengecilkan jarak dalam rangka berkomunikasi verbal
E. efektifnya komunikasi dan interaksi sosial sekunder

Jawaban

Gambar diatas menunjukkan kontak sosial sekunder langsung sehingga dampaknya adalah efektifnya komunikasi dan interaksi sosial sekunder. Soal ini jawabannya E.


Contoh soal 4 – UN 2017

Pemerintah daerah melakukan relokasi penduduk yang ada didaerah rawan bencana ke tempat yang lebih aman. Untuk itu pemerintah daerah setempat melakukan dialog dengan para warga yang akan dipindah agar warga memahami tujuan dilakukan relokasi. Faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial pada ilustrasi tersebut adalah…
A. usaha untuk bersaing dengan warga sekitar
B. adanya keinginan untuk menahan pengaruh dari luar
C. kerja sama yang baik antara dua pihak yang bekerja sama
D. keinginan untuk hidup didaerah aman dari bencana
E. merealisasikan keinginan untuk hidup lebih maju dan nyaman

Jawaban

Faktor pendorong interaksi sosial ilustrasi soal ini adalah keinginan untuk hidup di daerah aman dari bencana. Soal ini jawabannya D.


Contoh soal 5 – UN 2017

Perhatikan gambar berikut.

Soal UN interaksi sosial
Soal UN interaksi sosial

Syarat terjadinya interaksi sesuai gambar tersebut adalah adanya…
A. kontak sosial primer langsung
B. kontak sosial sekunder langsung
C. kontak yang diterima pihak ketiga
D. kontak sosial sekunder tidak langsung
E. kontak dengan menggunakan media sosial

Jawaban

Kontak sosial bersifat primer dan sekunder (langsung dan tidak langsung). Kontak sosial primer bersifat langsung tanpa perantara. Kontak sosial sekunder langsung terjadi menggunakan perantara misalnya surat, telepon, radio, TV dan lainnya sedangkan kontak sekunder tidak langsung menggunakan bantuan orang lain atau pihak ketiga. Jadi soal ini jawabannya B.


Contoh soal 6 – UN 2016

Kepatuhan Ibu Rahmat untuk selalu minum obat sesuai anjuran yang diberikan dokter Ivan adalah contoh interaksi sosial antara dokter dengan pasien. Faktor yang mendorong terjadinya interaksi mereka adalah…
A. motivasi
B. sugesti
C. imitasi
D. simpati
E. identifikasi

Jawaban

Sugesti adalah rangsangan atau pengaruh atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain. Penerima sugesti akan menuruti kehendak pemberi sugesti tanpa berpikir kritis dan rasional. Jadi soal ini jawabannya B.


Contoh soal 7 – UN 2016

Seorang karyawan selalu menghindari pertemuan tatap muka dengan atasannya yang dinilai sering membuat kebijakan yang merugikan karyawan. Diam-diam karyawan tersebut mengumpulkan kekuatan bersama karyawan lain yang satu pandangan dengannya untuk melakukan aksi protes terhadap kebijakan yang diambil perusahaan.

Bentuk interaksi sosial para karyawan dari deskripsi tersebut adalah…
A. kontravensi
B. kompetisi
C. akomodasi
D. konflik
E. arbitrasi

Jawaban

Kontravensi berada diantara persaingan dan pertentangan. Wujud kontravensi dapat berupa sikap tidak senang baik secara tersembunyi maupun terang-terangan. Jadi soal ini jawabannya A.


Contoh soal 8 – UN 2015

Kelompok kerabat ikut membantu keluarganya yang sedang mendapat musibah kematian. Bentuk interaksi sosial tersebut berdasarkan prosesnya disebut…
A. toleransi
B. kepedulian
C. akomodasi
D. kerjasama
E. solidaritas

Jawaban

Bentuk interaksi sosial diatas disebut kepedulian. Soal ini jawabannya B.


Contoh soal 9 – UN 2015

Banyak anggota masyarakat yang memberikan sumbangan antara lain dalam bentuk uang, makanan, pakaian kepada penduduk suatu daerah yang mengalami bencana alam. Faktor pendorong interaksi sosial tersebut adalah…
A. imitasi
B. empati
C. identifikasi
D. motivasi
E. sugesti

Jawaban

Empati adalah proses larutnya kejiwaan seseorang kedalam kedukaan atau kesukaan orang lain. Jadi soal ini jawabannya B.


Contoh soal 10 – UN 2014

Suku, agama, ras dan antar golongan (Sara) lekat sekali dengan pandangan sikap yang dianut masyarakat. Pertikaian antarwarga sering disebabkan kasus SARA yang berawal dari hal sederhana. Umumnya terjadi ketika warga lain memberi pandangan, lalu diterima oleh si penerima yang kondisinya tidak netral, dan menerima pandangan tersebut tanpa berpikir rasional.

Faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi sosial tersebut adalah…
A. simpati
B. identifikasi
C. motivasi
D. imitasi
E. sugesti

Jawaban

Pada kasus ini, pandangan warga lain diterima oleh penerima yang tidak netral tanpa berpikir rasional. Hasil ini menunjakkan faktor sugesti. Jadi soal ini jawabannya E.


Contoh soal 11 – UN 2014

Menjelang pilkada untuk pemilihan Walikota Semarang partai-partai politik melakukan kerja sama dengan tujuan memenangkan pilkada. Ditinjau dari bentuk interaksi sosialnya, tujuan kerjasama dalam memenangkan Pilkada termasuk…
A. koalisi
B. joint venture
C. kooptasi
D. bersaing
E. koersi

Jawaban

Koalisi adalah gabungan dua kelompok atau lebih yang berusaha mencapai tujuan yang sama, misalnya partai politik berkoalisi dengan tujuan memenangkan pilkada. Jadi soal ini jawabannya A.


Contoh soal 12 – UN 2014

Perhatikan pernyataan berikut:

  1. Ani mengirim pesan kepada Beti melalui Citra
  2. Ani menuangkan isi hatinya dibuku hariannya
  3. Beti merespon pesan dari Ani pertanda mengerti
  4. Ani memohon maaf didepan jenazah neneknya
  5. Beti mengirim pesan balik kepada Ani lewat surat

Dari pernyataan tersebut diatas yang menunjukkan terjadinya interaksi sosial adalah…
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 3 dan 5
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5

Jawaban

Syarat terjadinya interaksi sosial adalah adanya kontak dan komunikasi. Kontak berarti menggunakan pembicaraan, telepon, telegram, surat, internet, siaran radio atau TV dan lainya. Komunikasi adalah proses memberikan tafsiran pada perilaku orang lain. Tafsiran terhadap perilaku seseorang menimbulkan reaksi terhadap orang tersebut. Jadi yang menunjukkan terjadinya interaksi sosial adalah pernyataan nomor 1, 3 dan 5. Soal ini jawabannya C.

(Visited 15 times, 1 visits today)

You cannot copy content of this page