);

Contoh planet dalam, luar, inferior, superior, terestial & raksasa

Postingan ini membahas contoh planet luar, planet dalam, planet inferior, planet superior, planet terestial dan planet raksasa. Planet merupakan benda raksasa yang tidak memiliki cahaya sendiri, berbentuk bulatan dan beredar mengelilingi matahari. Sebagian besar planet memiliki pengiring atau pengikut planet yang disebut satelit yang beredar mengelilingi planet.

Dalam sistem tata surya terdapat delapan planet. Berdasarkan urutannya dari matahari, planet-planet tersebut terdiri atas Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Planet-planet tersebut beredar mengelilingi matahari pada orbitnya atau garis edarnya masing-masing dalam suatu sistem tata surya.

Contoh planet dalam

Didalam tata surya terdapat dua jenis planet berdasarkan letak lintasannya, yaitu planet dalam dan planet luar. Planet-planet dalam adalah planet-planet yang lintasannya diantara bumi dan matahari.

Yang termasuk atau contoh planet dalam yaitu sebagai berikut.

  1. Merkurius
  2. Venus

Contoh planet luar

Planet-planet luar adalah planet-planet yang lintasannya mengelilingi matahari lebih besar daripada jari-jari lintasan bumi disaat mengelilingi matahari. Yang termasuk atau contoh planet luar sebagai berikut.

  1. Mars
  2. Jupiter
  3. Saturnus
  4. Uranus
  5. Neptunus

Contoh planet inferior

Berdasarkan letaknya, planet dalam tata surya dibagi atas planet inferior dan planet superior. Planet inferior adalah planet-planet yang memiliki orbit lebih kecil daripada orbit bumi.

Yang termasuk atau contoh planet inferior sebagai berikut.

  1. Merkurius
  2. Mars
  3. Venus

Contoh planet superior

Planet superior adalah planet yang memiliki orbit lebih besar daripada orbit bumi. Yang termasuk atau contoh planet superior sebagai berikut.

  1. Jupiter
  2. Saturnus
  3. Uranus
  4. Neptunus

Contoh planet terestial

Berdasarkan sifat fisiknya dalam tata surya, planet dibagi menjadi planet terestial dan planet raksasa. Dinamakan planet terestial karena sifat planet itu hampir sama dengan bumi. Planet-planet terestial memiliki gunung, lembah dan kawah. Yang termasuk atau contoh planet terestial sebagai berikut.

  • Merkurius

Merkurius adalah planet yang terdekat dengan matahari dan juga paling kecil diantara semua planet. Garis tengah planet ini kurang lebih 4.847 km, waktu yang digunakan untuk mengelilingi matahari adalah 88,8 hari dan waktu rotasinya selama 88,8 hari. Jarak Merkurius dengan matahari adalah 57.910.000 km.

  • Venus

Venus adalah planet kedua setelah Merkurius. Planet ini adalah yang paling terang diantara planet yang lain karena jaraknya yang relatif dekat dengan planet bumi. Garis tengah planet ini kurang lebih 12.205 km dan besarnya hampir sama dengan bumi. Waktu yang diperlukan untuk mengelilingi matahari adalah 224,7 hari dan waktu rotasinya selama 225 hari atau kurang lebih 7,5 bulan. Jarak venus dengan matahari adalah 108.210.000 km.

  • Bumi

Bumi merupakan planet ketiga dalam tata surya. Jarak rata-rata bumi ke matahari sekitar 150 juta km. Periode revolusinya sekitar 365,25 hari dan periode rotasinya sekitar 23 jam 56 menit dengan arah barat-timur. Bumi memiliki satu satelit yang selalu beredar mengelilingi matahari yaitu bulan.

  • Mars

Planet Mars memiliki garis tengah kurang lebih 6.792 km. Waktu yang digunakan untuk mengelilingi matahari kurang lebih 697 hari dengan rotasi selama 24 jam 37 menit. Mars mempunyai dua satelit yaitu Dcimos (satelit luar) dan Phobos (satelit dalam). Kedua satelit ini ditemukan oleh Hall pada tahun 1877. Jarak Mars dengan Matahari adalah 227.940.000 km.

Contoh planet raksasa

Dinamakan planet raksasa karena sifat planet ini hampir sama dengan Jupiter. Yang termasuk atau contoh planet raksasa sebagai berikut.

  • Jupiter

Jupiter adalah planet terbesar dalam sistem tata surya kita. Diameternya sekitar 142.600 km, terdiri atas materi tingkat kerapatannya rendah terutama hidrogen dan helium. Jarak rata-ratanya ke matahari sekitar 778 km, berotasi pada sumbunya dengan sangat cepat sekitar 9 jam 50 menit, sedangkan periode revolusinya sekitar 11,9 tahun.

  • Saturnus

Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah Jupiter, diameternya sekitar 120.200 km. Periode rotasinya sekitar 10 jam 14 menit dan revolusinya sekitar 19,5 tahun. Planet ini memiliki 3 cincin tipis yang arahnya selalu sejajar dengan ekuatornya, yaitu cincin luar, cincin tengah dan cincin dalam.

Diameter cincin luar planet saturnus adalah sekitar 273.600 km, cincin tengah sekitar 152.000 km dan cincin dalam memiliki diameter sekitar 160.000 km. Antara cincin dalam dan permukaan saturnus dipisahkan ruang kosong berjarak sekitar 11.265 km.

Planet saturnus memiliki atmosfer yang sangat rapat terdiri atas hidrogen, helium, metana dan amoniak. Planet ini memiliki satelit yang jumlahnya sekitar 11 satelit, diantaranya Titan, Rhea, Thetys dan Dione.

  • Uranus

Planet Uranus memiliki diameter 49.000 km, hampir empat kali lipat dari diameter bumi. Periode revolusinya sekitar 84 tahun sedangkan rotasinya sekitar 10 jam 49 menit.

  • Neptunus

Planet Neptunus merupakan planet superior dengan diameter 50.200 km. Jarak rata-ratanya ke matahari sekitar 4.497 juta km. Periode revolusinya sekitar 164,8 tahun, sedangkan periode rotasinya sekitar 15 jam 48 menit.

Daftar pustaka

Sulistyanto, Iwan. Geografi Untuk Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah Kelas X. 2009. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Hartono. Geografi Jelajah Bumi dan Alam Semesta Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. 2009. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

You cannot copy content of this page