);

Contoh barang ekonomi, bebas, subtitusi, komplementer, konsumsi & produksi

Barang adalah benda-benda yang terwujud, yang digunakan untuk masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Contoh barang-barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat adalah beras, pakaian, buku dan lain-lain.

Adapun contoh barang yang akan digunakan untuk menghasilkan barang lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat adalah mesin-mesin, peralatan dan bangunan pabrik. Barang-barang tersebut merupakan contoh barang berwujud. Disamping itu ada pula barang-barang yang tidak berwujud seperti udara dan sinar matahari.

Jasa tidak dapat digolongkan sebagai suatu barang karena tidak berwujud, tetapi dapat memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Contoh jasa adalah jasa perbankan, jasa bengkel, jasa dokter dan pengajaran yang diberikan oleh guru.

Contoh barang ekonomi dan bebas

Berdasarkan cara memperolehnya, barang dan jasa pemuas kebutuhan dibedakan menjadi sebagai berikut.

  1. Barang ekonomi
  2. Barang bebas

Barang ekonomi adalah barang pemuas kebutuhan yang untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan sumber daya ekonomi, contohnya baju, minuman dan pakaian.

Barang ekonomi
Pakaian merupakan salah satu contoh barang ekonomi
Sumber gambar: pixabay

Baju atau pakaian merupakan benda ekonomi karena untuk memperolehnya, kita harus membelinya ditoko baju. Kesediaan mengeluarkan uang untuk membeli baju ditoko merupakan suatu pengorbanan.

Barang bebas adalah barang pemuas kebutuhan yang untuk memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan sumber daya ekonomi. Oleh karena itu barang bebas tidak memiliki harga. Contohnya udara, sinar matahari, air, dan lain-lain.

Air merupakan salah satu contoh barang bebas
sumber gambar: pixabay

Air termasuk benda bebas karena dapat digunakan tanpa memungut biaya, namun air akan menjadi benda ekonomi bila dikemas dalam kemasan tertentu sehingga untuk mendapatkannya diperlukan biaya.


Contoh barang subtitusi dan komplementer

Berdasarkan kegunaannya dalam hubungannya dengan barang lain, barang dan jasa pemuas kebutuhan dibedakan menjadi:

  • Barang subtitusi
  • Barang komplementer

Barang subtitusi adalah barang yang memiliki kegunaan untuk menggantikan barang lain. Misalnya kopi dapat digantikan teh untuk minum, pena dapat digantikan pensil untuk menulis, sepatu dapat diganti dengan sandal sebagai alas kaki dan lainnya.

Barang komplemeter adalah barang yang memiliki kegunaan untuk melengkapi barang lain. Barang tersebut akan bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan manusia, jika digunakan secara bersama-sama. Contohnya sepeda motor tidak akan digunakan jika tidak ada bensin, bolpoint tidak dapat digunakan jika tidak ada tinta.


Contoh barang produksi dan konsumsi

Menurut tujuan penggunaannya, barang pemuas kebutuhan dibedakan menjadi dua macam yaitu sebagai berikut.

  • Barang konsumsi
  • Barang produksi

Barang konsumsi adalah barang siap pakai yang langsung dapat digunakan tanpa melalui proses pengolahan lagi. Contohnya sepeda motor, sepatu, minuman, dan lain-lain.

Barang produksi adalah barang yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan barang baru. Contohnya mesin, bahan baku, truk, alat-alat kantor dan lain-lain.


Berdasarkan proses produksinya, barang dan jasa pemuas kebutuhan dibedakan menjadi sebagai berikut.

  • Barang mentah, adalah barang yang belum mengalami proses produksi (pengolahan). Contohnya rotan, kayu, padi dan tembakau.
  • Barang setengah jadi, adalah barang yang sudah mengalami proses produksi tetapi belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara sempurna. Contohnya benang, semen dan kulit.
  • Barang jasi, adalah barang dan jasa pemuas kebutuhan manusia yang sudah mengalami proses produksi secara tuntas atau sempurna dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya pakaian, sepatu, kursi dan lemari.

Daftar Pustaka

Widjajanta, Bambang. 2009. Mengasah Kemampuan Ekonomi Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Indriayu, Mintarsih. 2009. Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

You cannot copy content of this page